Beberapa Jenis Bisnis Modal Kurang Dari 10 Juta

Terjun ke dunia bisnis berarti harus siap dengan segala kemungkinan yang mungkin akan terjadi pada bisnis yang dijalankan nantinya. Memulai bisnis berarti juga berhenti berangan-angan dan mulai bergerak untuk mewujudkan apa yang telah dicita-citakan dari usaha yang akan dijalankan. Bisnis memang telah menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mendapat keuntungan. Peluang yang terbuka lebar membuat banyak orang lebih memilih untuk menjadi pengusaha ketimbang menjadi karyawan untuk orang lain. Memutuskan untuk menjalankan bisnisnya sendiri memang bukan suatu hal yang mudah karena ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum benar-benar memulai bisnis tersebut.

Langkah Awal Memulai Bisnis

Persiapan memulai bisnis biasanya menjadi tantangan tersendiri karena memang bukanlah perkara mudah. Setiap pebisnis harus bisa membuat analisis bisnis yang tepat agar bisa membaca kebutuhan pasar dengan tepat. Analisis tersebut nantinya akan dijadikan sebagai penentu tentang bisnis apa yang akan dijalankan dan bagaimana nanti menjalankannya. Mengetahui dasar-dasar bagaimana mengatur bisnis dan keuangan juga harus dikuasai oleh pebisnis yang akan memulai usaha mereka. Jika sudah terencana dengan baik, persiapan modal adalah hal yang juga harus dipersiapkan dengan baik.

Keterbatasan modal biasanya menjadi masalah krusial bagi para pengusaha baru yang baru akan berusaha merintis bisnis mereka. Tak sedikit dari pengusaha baru memilih untuk melakukan pinjaman dana agar ide bisnis yang mereka miliki dapat terlaksana. Melakukan pinjaman dianggap sebagai jalan terakhir yang bisa diusahakan untuk membangun bisnis mereka. padahal hal tersebut sangat riskan mengingat belum ada kepastian tentang bisnis yang akan berjalan nantinya. Apa pun bisa terjadi ketika di dunia bisnis, dan di awal-awal bulan, bisnis bisa saja tak menghasilkan apa pun, padahal cicilan hutang harus dibayarkan setiap bulannya.

Memulai Bisnis Dengan Dana Seadanya Kurang Dari 10 Juta

Modal memang menjadi hal krusial yang harus dipersiapkan ketika akan memulai bisnis. Terlebih, biaya yang dibutuhkan untuk membuka suatu usaha tentu tidaklah sedikit. Modal yang tersedia juga harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar bisnis dapat berjalan dengan lancar ke depannya. Modal 10 juta rupiah saja terbilang kecil untuk memulai suatu usaha. Dan usaha dengan modal sekitar 10 juta biasanya termasuk ke dalam jenis usaha mikro. Jenis usaha mikro ini memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri di bidang bisnis. Kerugian yang pertama adalah dengan modal sejumlah demikian, keuntungan yang akan didapat juga tidak begitu besar nantinya. Sisi baiknya, resiko yang akan didapat oleh pengusaha juga cenderung sedikit.

Jenis Bisnis Dengan Modal di Bawah 10 Juta

  1. Bisnis kuliner

Dengan modal 10 juta rupiah, bisnis kuliner bisa dijalankan dengan baik. Namun, bukan jenis bisnis kuliner seperti pembukaan restaurant ataupun café, karena jenis usaha tersebut tentu saja membutuhkan banyak sekali modal. Bisnis kuliner dengan modal 10 juta bisa dimulai dengan membukan warung kelontong kecil-kecilan atau warteg. Selain itu, bisnis catering atau warung makan sederhana di depan rumah juga bisa dijalankan. Bisnis kuliner tentu akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat mengingat makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Masalahnya adalah sudah banyak bisnis kuliner yang bertebaran saat ini. Oleh karena itu, inovasi dan ide kreatif sangat dibutuhkan agar konsumen tak segan-segan untuk kembali datang.

  1. Bisnis fashion

Memiliki rumah yang terletak di tengah kota dan pinggir jalan merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan karena kita bisa memanfaatkan salah satu ruangannya untuk bisnis fashion. Saat ini anak mudah adalah target pasar fashion yang sangat menjanjikan karena mereka sangat memperhatikan penampilan mereka. Budaya luar negeri yang telah banyak masuk ke Indonesia juga telah banyak mempengaruhi gaya hidup anak muda Indonesia. Banyak anak muda yang terinspirasi untuk memperhatikan penampilan mereka dari cara berpakaian anak muda dari Negara lain. Hal tersebut tentu saja harus kita manfaatkan dengan baik untuk membuka bisnis fashion terbaru untuk anak muda.

  1. Produk kecantikan

Kosmetik dan produk kecantikan sepertinya sudah menjadi barang wajib bagi semua wanita. Bukan hanya wanita yang sudah bekerja yang memang harus tampil segar sepanjang bekerja di kantor, tapi juga anak sekolahan. Dapat kita jumpai dengan mudah saat ini, siswi SMA, bahkan SMP sudah banyak yang menggunakan make up bahkan ketika mereka hanya pergi ke sekolah. Banyak siswi yang ingin terlihat cantik dimana pun mereka berada sehingga memutuskan untuk menggunakan make up.

Itulah mengapa produk make up pasti akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh wanita untuk menunjang penampilan mereka. Dengan modal 10 juta rupiah, kita bisa memulai bisnis online yang menjual produk kecantikan dengan berbagai jenis dan merek. Pasarkan dan promosikan dengan memanfaatkan media sosial agar mudah diketahui oleh anak muda yang memang suka bereksperimen menggunakan wajah mereka untuk berhias.