Kelebihan Menjalankan Bisnis Sendiri

Banyak anak muda yang lebih memilih untuk belajar menjalankan bisnis mereka sendiri setelah lulus, ketimbang menjadi karyawan untuk perusahaan orang lain. Menjalankan bisnis sendiri baik itu bisnis online rumahan maupun bisnis konvensional, memang tidaklah mudah, bahkan dapat dibilang sangat sulit. Hal tersebut dikarenakan sulitnya untuk bersaingan dengan banyak kompetitor yang juga menjalankan jenis bisnis yang sama. Mengurus bisnis juga bukanlah suatu hal yang mudah karena ada banyak hal yang harus diurus sendiri. Belum lagi masalah modal yang menjadi permasalahan paling umum yang biasa dialami oleh mereka yang akan memulai bisnis.

Bisnis Sendiri atau Partner?

Untuk mengurangi kesulitan-kesulitan tersebut, banyak pengusaha muda yang memutuskan untuk melakukan bisnis berpasangan dengan sahabat atau orang yang mereka percayai. Padahal langkah tersebut bukanlah langkah terbaik yang diambil karena ada banyak kemungkinan buruk yang terjadi ketika bisnis tidak berjalan dengan baik. Pembagian hasil bisnis, pembagian kerja dan tanggung jawab, dan pelimpahan kesalahan kepada salah satu pihak ketika permasalahan muncul merupakan contoh dari beberapa masalah yang mungkin muncul ketika menjalankan bisnis berpasangan. Berbeda dengan ketika kita melakukan bisnis seorang diri yang nantinya akan memberikan beberapa keuntungan.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Sendiri

  1. Kontrol penuh

Menjalankan bisnis sendiri merupakan salah satu cara mendapatkan uang dengan membuat kita bisa memegang kontrol penuh atas bisnis yang kita jalankan tersebut. Semua keputusan yang akan kita ambil menyangkut bisnis yang dijalankan berada ditangan kita sepenuhnya. Menjadi pemilik bisnis juga memungkinkan kita untuk memberikan perintah kepada karyawan kita dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak ada seorang pun yang dapat mengatur keputusan yang kita ambil karena kita menjadi bos untuk diri kita sendiri.

Apa pun yang terjadi pada bisnis kita sepenuhnya adalah tanggungjawab kita. Tinggal bagaimana kita mengatur dan menjalankan bisnis tersebut hingga dapat membuat bisnis berkembang pesat. Sangat berbeda ketika kita bekerja sebagai karyawan yang tidak memiliki kuasa apa pun untuk mengambil keputusan dan harus mengikuti perintah atasan. Begitu pula ketika kita menjalankan bisnis bersama partner, segala keputusan yang akan diambil harus disetujui kedua belah pihak. Tak jarang akan ada perbedaan pendapat yang malah hanya akan menghambat berjalannya bisnis.

  1. Bebas berkreasi dan berinovasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menjalankan bisnis dengan partner tentu memerlukan berbagai persetujuan kedua belah pihak. Hal tersebut memang bertujuan untuk menghasilkan keputusan terbaik untuk kedua belah pihak. Namun, di sisi lain bisnis dengan partner membuat kita tidak leluasa untuk melakukan kreasi dan inovasi yang ingin kita terapkan pada bisnis kita. Setiap detail bisnis yang dijalankan bersama partner tentu saja membutuhkan persetujuan dari partner kita. Kesepakatan akan berlangsung alot ketika pihak satu dan lainnya memiliki pendapat dan jalan pikiran yang berbeda. Alhasil inovasi dan kreasi yang sudah kita siapkan tak bisa terealisasi.

  1. Membuka peluang kerja

Berperan sebagai pemilik sekaligus pemimpin sebuah bisnis yang kita bangun sendiri dengan susah payah tentu merupakan suatu pencapaian yang sangat baik. Terlebih ketika bisnis sudah berkembang dan berjalan dengan stabil. Ketika bisnis berjalan dengan baik dan semakin dikenal banyak orang, nantinya kita akan membutuhkan karyawan untuk membantu mengurus bisnis kita. Hal tersebut tentu akan membuka peluang kerja untuk orang lain sehingga kita dapat mengurangi jumlah pengangguran meskipun hanya satu. Semakin pesat perkembangan bisnis yang kita jalankan, maka semakin banyak pula tenaga yang kita butuhkan.

  1. Melatih kemampuan entrepreneurship

Menjalankan sebuah bisnis sendiri tentu saja membuat kita harus bisa menghandle banyak hal seorang diri. Mulai dari manajemen bisnis, mengatur keuangan, pendapatan, pengeluaran, dan strategi bisnis terbaik yang harus dijalankan. Awal memulai bisnis tersebut tentu saja bukanlah hal yang mudah karena pasti akan ada banyak kendala dan kesulitan yang akan dihadapi. Perjuangan tak mudah untuk menjalankan bisnis harus dihadapi meski harus jatuh bangun terlebih dahulu. Kesulitan dan kendala tersebut akan menjadikan kita belajar dan memahami dengan sangat baik bagaimana cara menjalankan bisnis dengan cara terbaik. Seiring berjalannya waktu kemampuan entrepreneurship kita akan terasah hingga kita ahli dalam menjalankan bisnis.

  1. Kepuasan diri

Segala perjuangan, kerja keras, jatuh bangun, dan tangisan yang telah kita lakukan dengan susah payah untuk membangun dan mempertahankan bisnis akan terasa sangat istimewa. Bisa menjalankan bisnis dengan sukses hingga bisnis berkembang pesat memberikan kepuasan tersendiri mengingat bagaimana sulitnya memulai dan mempertahankannya. Mengetahui betapa sulitnya membangun bisnis yang kita jalankan sendiri, akan membuat kita lebih menghargai dan mensyukuri apa yang telah berhasil kita capai. Tenaga, pikiran, peluh, dan keringat yang kita keluarkan selama berjuang menjalankan bisnis akan terbayar ketika bisa melihat bisnis kita sukses. Berbeda dengan menjalankan bisnis bersama partner, kepuasan akan terasa kurang karena bisnis dijalankan bersama.